Panduan Praktis Menggunakan Google Search Console untuk SEO

Google Search Console adalah salah satu alat SEO terbaik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian. Dalam panduan ini Anda akan belajar apa alat ini dan 9 cara ampuh Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk Optimasi Mesin Pencari. Ini akan membantu Anda meningkatkan kinerja situs web Anda dalam hasil pencarian Google untuk mendorong penjualan.

Panduan Praktis Menggunakan Google Search Console untuk SEO
Panduan Praktis Menggunakan Google Search Console untuk SEO


Apa itu Google Search Console?

Google Search Console (alias GSC) adalah alat gratis yang dibuat oleh Google untuk membantu para webmaster, pemasar, SEO, pemilik situs web, pemilik bisnis, dan siapa pun di ruang pemasaran digital / desain web melihat bagaimana kinerja situs web mereka di Google Search. Dari perspektif SEO, Anda dapat menggunakan GSC untuk mengetahui apakah situs Anda dan halaman-halamannya diindeks, jika situs Anda memiliki kesalahan perayapan, jika situs Anda ramah seluler, pencarian apa yang dicari situs web Anda, jika pengguna mengklik melalui ke situs web Anda, dan banyak lagi. Kami berpendapat ini mungkin satu-satunya alat paling penting yang Anda inginkan untuk meningkatkan kinerja organik situs web Anda. Mari cari tahu alasannya.

Pengindeksan: Dapatkan Situs Web Anda Di Google

Pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa situs web saya tidak muncul di Google? Ada banyak alasan mengapa situs web Anda mungkin tidak muncul; namun, Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk memastikan itu bukan karena masalah pengindeksan.

Pengindeksan berarti bahwa perayap web Google (juga dikenal sebagai Googlebot) telah merayapi situs web Anda dan berdasarkan informasi yang ditemukan, telah menempatkan situs Anda di suatu tempat dalam indeks Google. Berada di indeks berarti situs web Anda siap ditampilkan untuk permintaan pencarian yang menurut Google relevan dengan situs web Anda. Jika situs Anda belum diindeks, kemungkinan situs web Anda tidak akan muncul di Google. Pengindeksan adalah langkah pertama untuk semua upaya SEO, karena jika situs Anda tidak diindeks tidak ada upaya teknis lain atau pada halaman SEO akan membuat perbedaan. Untuk memastikan situs web Anda diindeks, pertama-tama Anda harus mendaftar untuk Google Search Console dan memverifikasi situs web Anda. Selanjutnya, Anda ingin mengirimkan sitemap situs web Anda.

Agar jelas, hanya karena Anda telah memverifikasi situs web Anda dan mengirimkan sitemap melalui GSC tidak berarti peringkat organik situs web Anda secara otomatis naik atau bahwa situs Anda akan diindeks, tetapi itu berarti Anda sedang dalam perjalanan untuk memenuhi syarat untuk peringkat pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Ini adalah langkah pertama menuju kinerja organik yang lebih baik!

Menemukan & Memperbaiki Masalah Pengindeksan
Beberapa hari setelah Anda mengirimkan sitemap Anda ke Google Search Console, Anda dapat login dan mencari tahu apakah situs web Anda telah diindeks dan jika ada kesalahan pengindeksan atau perayapan yang perlu diperbaiki.

Ingat, jika situs web Anda atau halaman web individu apa pun belum diindeks, situs Anda atau halaman tersebut tidak akan muncul untuk lebih dari 3,5 miliar pencarian plus yang terjadi di Google setiap hari.

Untuk mengetahui apakah situs Anda telah diindeks, halaman mana yang diindeks, dan memeriksa kesalahan, klik "Cakupan" di menu di sebelah kiri layar beranda setelah masuk ke GSC.

Pada halaman Cakupan Anda akan melihat empat tab di bagian atas layar, yang memberi Anda gambaran umum tentang pengindeksan situs web Anda. Tab ini Galat, Valid dengan peringatan, Valid, dan Dikecualikan.

Jika ada kesalahan, dengan mengindeks tab kesalahan akan memberi tahu Anda berapa banyak kesalahan telah ditemukan. Mengklik pada tab itu akan menunjukkan kepada Anda kesalahan yang telah ditemukan dan jumlah halaman yang terpengaruh. Untuk mengetahui halaman yang tepat dan mempelajari lebih lanjut tentang kesalahan, Anda dapat mengklik setiap kesalahan dalam detail dan layar berikutnya akan memberikan tautan ke informasi di halaman bantuan Google tentang cara memperbaiki kesalahan tersebut dan / atau apa kesalahan mereka. Anda juga akan melihat halaman persisnya yang dipengaruhi oleh kesalahan ini di situs web Anda dan kapan halaman itu dirayapi terakhir kali.

Memonitor Kinerja dalam Hasil Pencarian
Setelah situs web Anda diindeks dengan benar, sekarang Anda dapat mengalihkan perhatian Anda ke laporan Kinerja di Google Search Console.

Laporan ini memberi Anda rincian menarik tentang berapa banyak klik yang diterima situs web Anda dari pencarian, posisi rata-rata situs web Anda pada halaman hasil pencarian, berapa banyak tayangan yang diterima situs web Anda, dan rata-rata klik Anda berdasarkan tarif. Ini juga memberi Anda kemampuan untuk memilih periode waktu tertentu untuk dilihat, opsi untuk membandingkan dua periode waktu yang berbeda, dan kemampuan untuk melihat bagaimana kinerja situs web Anda di berbagai negara.

Melihat data ini akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk menemukan bagaimana pengguna menemukan situs web Anda dan kemudian memperbaiki situasi saat ini.

Mari kita lihat sebuah contoh. Katakanlah Anda memiliki situs e-niaga yang hanya menjual kepada pelanggan di AS. Dalam hal ini, orang yang ingin Anda jangkau adalah pengguna AS. Bagaimana Anda mengetahui apa yang sedang dicari dan diklik pengguna saat ini? Navigasi pertama ke laporan kinerja. Di sisi kiri layar beranda, klik "Kinerja" di menu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Praktis Menggunakan Google Search Console untuk SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel