Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Pada intinya, SEO digunakan untuk memastikan tujuan dan konten situs web dapat dipahami dan memberikan pengalaman hebat bagi pengguna dan mesin pencari. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari untuk meningkatkan hasil bisnis. SEO juga merupakan cabang dari pemasaran digital dan pemasaran mesin pencari (SEM). Definisi sekunder SEO adalah orang yang mempraktikkan optimasi mesin pencari.

Apa itu SEO?
Apa itu SEO?

Bagaimana cara kerja SEO?

SEO itu kompleks dan terus berkembang karena melibatkan algoritma mesin pencari, yang secara konsisten diperbarui untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Setiap mesin pencari memiliki algoritma sendiri dengan banyak faktor berbeda yang digunakan untuk menentukan peringkat pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Google sendiri memiliki lebih dari 200 faktor peringkat. Dan itu hanya satu mesin pencari. Pada akhirnya, untuk menerapkan teknik dan strategi SEO yang efektif, penting untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja & berbagai jenis niat di balik permintaan pencarian pengguna.

Memahami Mesin Pencari

Mesin pencari dibuat untuk menjawab pertanyaan orang. Setiap mesin pencari memiliki seperangkat aturan dan faktor peringkat yang unik untuk memberikan hasil terbaik berdasarkan apa yang telah dicari pengguna. Awalnya, ketika Google pertama kali keluar, mesin pencari digunakan untuk mencocokkan kata kunci dalam permintaan pencarian dengan kata-kata dalam dokumen dan halaman web dalam database-nya. Semakin banyak kata yang cocok, semakin tinggi peringkat pada SERP. Saat ini, mesin pencari cukup pintar untuk memahami maksud kueri, bukan hanya kata-kata yang diketik. Misalnya ketika seseorang mencari kelelawar, bagaimana mesin pencari tahu jika pengguna mencari binatang atau peralatan olahraga?

Untuk melakukannya, mesin pencari menggunakan algoritma yang memperhitungkan banyak faktor berbeda untuk memutuskan hasil mana yang akan ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari. Pada tahun 2019, halaman hasil mesin pencari berisi berbagai jenis daftar. Di bawah ini adalah contoh dari hanya satu variasi SERP:

Hasil SEO adalah Hasil Organik dalam Contoh SERP ini

Dalam contoh ini, ada 3 jenis hasil organik yang muncul. Seringkali, akan ada juga iklan berbayar di SERP; namun, SEO tidak dirancang untuk meningkatkan tampilan iklan berbayar. Ini digunakan untuk daftar organik. Dalam contoh di atas, masing-masing bagian dalam oranye adalah jenis daftar organik.

Untuk memberikan hasil organik ini, mesin pencari harus terlebih dahulu merayapi halaman web dan mengindeksnya. Untuk melakukan itu, mesin pencari harus dapat menemukan halaman web. Di sinilah SEO dimulai. Setelah ditemukan, tujuan SEO adalah untuk membantu mesin pencari mengkategorikan situs web dengan benar dan kemudian untuk membantu mesin pencari menentukan keandalan, kualitas, dan relevansi situs web untuk mempromosikan seberapa sering dan di mana dalam hasil pencarian untuk menampilkan halaman web.

Bagaimana mesin pencari menentukan keandalan, kualitas, dan relevansi didasarkan pada algoritma mereka. Seperti yang disebutkan, algoritma ini dapat memperhitungkan lebih dari 200 faktor yang berbeda dan faktor-faktor yang tepat dirahasiakan oleh mesin pencari untuk mencegah penayang situs web dari permainan algoritma untuk membuat situs web mereka muncul terlebih dahulu. Penggunaan mesin pencari dibangun berdasarkan kepercayaan. Jika ada yang bisa mengeksploitasi algoritma dan situs berkualitas rendah, atau situs web yang tidak relevan mulai muncul di hasil pencarian, pengguna akan kehilangan kepercayaan pada mesin pencari dan berhenti menggunakannya sesering mungkin.

Meskipun tidak semua faktor peringkat pencarian diketahui, kami tahu bahwa kualitas pengalaman pengguna adalah penting karena cara mesin pencari dibangun berdasarkan kepercayaan; oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan maksud permintaan pencarian pengguna untuk membangun pengalaman yang relevan agar sesuai dengan maksud pencarian. Ini adalah bagian kedua dari strategi SEO, memahami maksud pencarian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu SEO?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel